REFMAL.ID,Ambon – Pelayanan tenaga jasa pengiriman J&T Ekspres di kawasan Kebun Cengkih, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, dinilai pelanggan atau konsumen sangat keterlaluan dan mengecewakan.
“Saya sebagai costumer kecewa dengan pelayanan pada J&T Ekspres Kebun Cengkih,” ungkap salah satu konsumen pelayanan J&T Ekspres kepada referensimaluku.id via whatsapp, Jumat (12/4/2024).
Pelanggan itu mengisahkan,”Pada 5 April 2024 saya membeli 2 (dua) unit barang di seller yang berbeda di salah satu market place dan pada 6 April 2024 terkonfirmasi paket dikirim via J&T Ekspres dengan nomor Resi JP 1973000018 dan pada 8 April 2024 juga terkonfirmasi pesanan telah dikirim atau diserahkan ke jasa kirim J&T Ekspres dengan nomor resi JP 0921582826″.
“Pada 9 April 2024 saya mengecek pesanan pada aplikasi tertera status pesanan, dimana tertulis pesanan sedang tertahan sementara karena sudah melewati waktu pengiriman mohon hubungi jasa kirim J&T Ekspres untuk informasi lebih lanjut. Untuk pengiriman dengan nomor resi JP 1973000018 dan nomor resi JP0921582826 dengan Status Pesanan sedang dosirtir di lokasi sortir Surabaya”.
“Pada 10 April 2024 saya melacak lagi status pengiriman paket saya pada aplikasi tersebut dan informasinya kalau paket dengan resi JP1973000018 dengan status yang sama seperti tanggal 9 April 2025 dan paket resi JP 0921582826 dengan status Pesanan sedang tertahan sementara karena sudah melewati waktu pengiriman. Mohon hubungi jasa kirim untuk informasi lanjutan”. “Dari status lacak paket maka saya berkesimpulan bahwa mungkn dikarenakan libur Lebaran sehingga paket sementara tertahan di gudang penyimpanan.
Tanggal 11 April 2024 saya meihat status pengiriman masih seperti hari sebelumnya maka pada pukul 11:00 WIT saya berinisiatif mengecek sendiri barang saya ke kantor Jasa pengiriman J&T Kebun Cengkih yang jaraknya tidak jauh dari rumah saya. Karena ada juga beberapa costumer service (CS) yang mengecek barang sehingga saya dilayani oleh CS lebih kurang 30 menit hingga pukul 11:30 WIT”.
Konsumen itu melanjutkan,” Dari hasil lacak resi pengiriman oleh CS, paket ada dan disampaikan kepada petugas untu mengecek dan mangambil paket. Setelah beberapa saat hanya paket dengan nomor resi JP 0921 582826 yang diantar oleh CS sementara paket dengan Resi JP 1973000018 yang tiba duluan di lokasi ekspedisi belum ditemukan”.
“Paket ibu yg satunya belum ditemukan. Hanya dapat paket yang ini,” kata CS kepada saya. Lalu saya katakan saya mau mengambil keduanya. Selang beberapa saat ada petugas yang mengatakan” paket ibu belum ditemukan, apakah ibu mau menunggu?” Saya katakan saya menunggu. Setelah beberapa waktu menunggu tidak ada konfirmasi dari petugas sehigga saya tanyakan ke CS dan mendapat jawaban kalau paket saya lagi dicari atau mungkin “loss scan” oleh petugas sehingga paket saya belum ditemukan”.
“Beberapa saat kemudian sekira pukul 13.30 WIT pelayanan dihentikan sementara karena waktu istirahat makan. Namun, saya katakan kepada salah satu petugas “ Bagaimana paket saya, dan dijawab petugas dan SC bahwa “Mungkin paket loss scan Ibu.Paket yang masuk discan sebelum pengantaran. Jadi mungkin paket ibu belum discan sudah diantar oleh kurir.
Karena barang yang masuk banyak kadang ada yang lolos scan, karena katong (kita) cari di rak tidak ada. Bisa saja kurir sudah antar karena berpikir sudah scan semua. Jadi katong tunggu kurir balik. Katong cek ulang baru hubungi Ibu“.
“Dari peristiwa ini sebagai Costumer tentu saja saya kecewa karena berjam-jam menunggu kepastian paket saya . Dan bukan cuma saya ada salah satu costumer Risky yang juga menunggu kepastian paketnya yang dikirim dari Bandung.
Sebagai costumer saya bisa memahami terjadinya kendala, risiko yang biasa terjadi dalam proses pengiriman barang. Namun membiarkan saya menunggu berjam jam tanpa penjelasan mengenai status keberadaan paket saya membuat saya kecewa dengan pelayanan pihak J&T Ekspres dan hak saya sebagai penerima Peket belum ditunaikan J&T Ekspres”.
“Saya berharap Manajemen J&T Ekspres bisa memerhatikan permasalahan ini dan paket saya bisa dikirim sesuai jadwal.
terima kasih,” tutup sumber media ini. (RM-03)
Discussion about this post