Referensimaluku.id,-Ambon-Dalam upaya memastikan ketersediaan stok BBM di SPBU, menjaga kualitas produk, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku terus melakukan pemantauan dan pengecekan langsung di sejumlah SPBU di wilayah kerjanya.
Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Awan Raharjo, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam menjaga kelancaran distribusi energi, khususnya di wilayah dengan tantangan geografis seperti Papua dan Maluku.
“Ini menjadi upaya dan komitmen kami dalam memeriksa pasokan energi agar selalu berjalan lancar di tengah tantangan distribusi di seluruh wilayah Papua dan Maluku, sekaligus menjamin energi yang dinikmati masyarakat ini terjamin kualitas dan takarannya tepat sesuai aturan yang berlaku,” ujar Awan saat melakukan pengecekan langsung di SPBU 84.996.02 Merauke, Papua Selatan.
Dalam setiap kegiatan monitoring, Pertamina Patra Niaga memeriksa sejumlah aspek penting sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Pemeriksaan meliputi ketersediaan stok BBM, kesesuaian spesifikasi produk, ketepatan takaran antara yang tertera di pulau pompa dan nozzle, hingga pelayanan operator kepada pelanggan. Selain itu, kondisi peralatan keselamatan, kebersihan fasilitas umum seperti toilet dan musala, juga menjadi perhatian utama.
Dilakukan di Sejumlah Wilayah Papua dan Maluku
Awan menjelaskan bahwa kegiatan pengecekan SPBU dilakukan tidak hanya di Merauke, tetapi juga di beberapa kota lainnya, seperti Jayapura, Nabire, Manokwari, Ambon, dan Tobelo. Kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk memastikan implementasi SOP di seluruh jaringan SPBU Pertamina Patra Niaga berjalan optimal.
“Seluruh pengecekan ini standar di semua tempat. Kami ingin pastikan yang utama, BBM tersedia. Selanjutnya bagaimana BBM disalurkan takarannya pas, kualitasnya sesuai sertifikat uji yang diterima, tidak terkontaminasi air, dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Awan.
“Kami juga ingin masyarakat merasa nyaman di SPBU. Antri dengan tertib dibantu petugas marshall, toilet bersih dan gratis, musala juga nyaman. Inilah hal-hal yang terus kami jaga,” lanjutnya.
Selain memastikan kualitas layanan, Pertamina Patra Niaga juga mendorong peran aktif masyarakat untuk memberikan masukan dan laporan apabila menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki di SPBU.
“Kami sangat berterima kasih atas laporan masyarakat. Ini menjadi bahan kami untuk peningkatan kualitas layanan. Dari laporan itu kami bisa lakukan pengecekan langsung dan menentukan langkah perbaikan yang tepat. Kami bertekad untuk terus memastikan kenyamanan pelanggan bertransaksi di SPBU,” tutup Awan.
Apresiasi dari Pelanggan
Salah satu pelanggan SPBU di Jayapura, Riki, mengaku puas dengan layanan Pertamina.
“Saya dari dulu pakai Pertamax, gak ada masalah. Buat kami yang penting minyak ada di SPBU,” ujarnya.
Sementara pelanggan lainnya, Zulkifly, pengguna Pertalite, juga menyampaikan hal serupa.
“Kalau soal produk baik saja, Pertalite mungkin antrian saja tapi ada yang mengatur,” katanya. (RM-07)
Discussion about this post