Oleh : Dr.M.J.Latuconsina,S.IP,MA
Pemerhati Sosial,Ekonomi&Politik
Referensi y.id,- Ambon,-Aspek vital dalam tata kelola pelayanan dari Pemerintah untuk rakyat adalah, proses mempersiapkan, menyediakan barang dan jasa kepada rakyat serta memonitor perkembangan dan menindaklanjutinya.
Sisi esensial dalam tata kelola pelayanan (pelayanan publik) dari Pemerintah kepada rakyat tersebut, dituangkan konsep pemikirannya dalam bentuk buku dari akademisi senior pada Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Pattimura (Unpatti).
Ia tak lain adalah Dr. Zainal Abidin Rengifurwarin, M.Si. Kali ini ia hadir dengan bukunya yang mengusung tema ilmiah, Manajemen Pelayanan Publik : Konsep, Teori, Prinsip & Paradigma. Dari penuturannya buku ini sebelumnya adalah bahan ajar salah mata kuliah yang ia ajarkan kepada para mahasiswa, yang kemudian disempurnakan lantas diterbitkan menjadi sebuah buku.
Buku ini diterbitkan Pattimura University Press, di penghujung tahun 2021 lalu. Karya ini tidak saja menarik dibaca oleh mereka yang ekspert pada bidang Ilmu Administrasi Publik, tapi juga bagi mereka yang konsen dalam bidang Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Politik. Sebab narasinya mengulas tentang tata kelola pemerintahan, dan pemenuhan barang-barang politik (political goods), yang merupakan ranah dari kedua ilmu itu.
Kendati demikian, konten Ilmu Administrasi Publik-nya lebih kuat (stronger), lantaran hal-hal yang dipaparkan dalam karya ilmiah ini merupakan ranah dari Ilmu Administrasi Publik. Hanya saja dapat digunakan sebagai suatu komparasi konseptual antara berbagai disiplin ilmu pengetahuan tersebut, yang pembedanya sebenarnya dalam peristilahannya saja.
Secara global buku ini memaparkan ; pengertian pelayanan publik, fungsi-fungsi manajemen pelayanan publik, paradigma manajemen pelayanan publik, konsep pelayanan publik, konsep pelayanan prima, model etika pelayanan publik. Selanjutnya juga menyinggung pengertian kinerja pelayanan publik, barang dan jasa pelayanan publik, standar pelayanan publik, kepuasan publik serta inovasi pelayanan publik.
Apa yang dipaparkan didalam buku, yang ditulis oleh dosen yang memiliki jam terbang tinggi didalam dunia pendidikan tinggi itu, tidak sebatas paparan konsep teoritik semata. Namun berangkat dari fakta empirik, dimana merupakan sesuatu yang rill ia saksikan dan alami, yang pernah terjadi pada organisasi besar, menengah dan kecil, yang memiliki korelasi dengan tata kelola pelayanan kepada rakyat.
Akhirulkalam, buku ini menarik dibaca, dimana terkandung ilmu pengetahuan didalamnya, yang bermanfaat bagi khalayak pembaca. Sebab terdapat opini, sains, dan pencerahan pada kontennya. Hal ini sebagaimana penegasan Plotinos (204-270 M), seorang filsuf pendiri Mazhab Neo-Platonisme bahwa, ilmu pengetahuan memiliki tiga tingkatan opini, sains, pencerahan. Instrumen tingkatan pertama menggunakan indra; kedua menggunakan dialektika; dan ketiga menggunakan intuisi. (*)
Discussion about this post